Selasa, 12 April 2011

TIPS: MEMBERSIHKAN NODA PADA TIKAR


Suatu hari kala kita akan kedatangan sanak saudara/ teman dari luar kota kita pasti akan membutuhkan barang yang satu ini, apa itu? "Tikar". Yup... alas serbaguna yang satu ini memang sangat berguna terutama untuk alas duduk. Bahannya pun bervariasi, mulai dari yang alami sampai yang imitasi/plastik. Desainnya pun kini dapat kita temukan dalam berbagai macam warna dan corak.

Namun ketika kita mengeluarkan tikar yang telah lama tersimpan di gudang, seringkali kita mendapati tikar kita bernoda/ kotor (terutama pada tikar alami yang terbuat dari serat daun/pohon2an/ kulit bambu). Noda ini biasanya disebabkan oleh kotoran debu yang belum sempat kita bersihkan yang terlanjur melekat dan menimbulkan bercak-bercak berwarna kehitaman. Dan biasanya bersifat agak lengket dan lembab seperti jamur. Lantas bagaimana cara membersihkannya? tentunya dengan cara yang tidak merusak anyaman tikar.

Caranya, siapkan satu ember air hangat, campurkan dengan kurang lebih segenggam garam dapur. Lalu bilas tikar yang kotor tadi beberapa kali sambil digosok pelan (dengan tangan) pada bagian yang kotor. Dalam sekejap kotoran pasti hilang. Lalu, bilas tikar dengan air dingin/kran, kemudian jemur dibawah terik matahari. Setelah kering, angkat, dan....."tadaaaa" tikar yang tadinya kusam bernoda, kini berrsih dan cerah kembali. ~selamat mencoba... ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar